Senin, 12 Maret 2012

Konvensi Naskah


KONVENSI NASKAH

A.    Pengertian
Konvensi adalah suatu pengembangan sebuah  karangan (seperti amalan, tingkah laku, ciri-ciri) yang sudah disepakati dengan meluasnya dan dipatuhi. Perincian dalam kerangka karangan dapat diarahkan kepada pembentukan bab-bab dan anak-anak bab, sedangkan perincian perincian yang dilakukan kemudian diarahkan kepada penetapan pokok-pokok utama dan pokok-pokk bawahan yang akan menjadi inti atau gagasan utama alinea-alinea.
Konvensi penulisan naskah yang sudah lazim mencangkup aturan pengetikan, pengorganisasian materi utama, pengorganisasian materi pelengkap, bahasa, dan kelengkapan penulisan lainnya.

B.     Bagian pelengkap pendahuluan
Bagian pelengkap pendahuluan atau halaman-halaman pendahuluan tidak menyangkut isi karangan. Bagian ini dipersiapkan sebagai bahan informaso bagi pembaca dan  menampilkan karangan tersebut dalam bentuk yang lebih menarik. Bagian pelengkap pendahuluan terdiri dari :
-          Judul pendahuluan
-          Halaman pengesahan
-          Halaman judul
-          Halam persembahan
-          Kata pengantar
-          Daftar isi
-          Gambar, table, keterangan
C.    Bagian isi karangan
Isi karangan merupakan inti dari sebuah karangan. Bagian-bagian isi karangan akan dijelaskan pada sub-sub bab berikut:
-          Pendahuluan
Pendahuluan merupakan bab 1 dalam sebuah karangan yang tujuannya adalah menarik perhatian pembaca, memusatkan perhatian pembaca terhdapa masalh yang dibicarakan dan menujukan dasar yang sebenarnya dari uraian itu. Pendahulauan terdiri dari latar belakang, masalah, tujuan pembahasan, pembatasan  masalah, landasan teori dan metode pembasahan. Untuk menuliskan pendahuluan yang baik, penulis perlu memperhatikan poko-pokok yang harus tertuang dalam masing-masing unsure pendahuluan.
-          Tubuh karangan
Tubuh karangan atau bagian utama karangan merupakan inti karangan berisi sajian pembahasan masalah. Bagian ini menguraikan seluruh masalah yang dirumuskan pada pendahuluan secara tuntas (sempurna). Di sinilah terletak segala masalah yang akan dibahas secara sistematis.
-          Bagian Pelengkap Penutup
Bagian pelengkap penutup juga merupakan syarat-syarat formal bagi suatu karangan ilmiah. Ada beberapa bagian yang biasanya dimasukkan dalam bagian pelengkap penutup karangan yaitu : lampiran, bibliografi, dan daftar indeks.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar