Telematika di kehidupan sehari-hari
Telematika
sudah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia, bahkan
menjadi komoditas industri, bisnis informasi, media dan telekomunikasi.
Perubahan dalam kemajuan teknologi telematika telah mentransformasikan pola
ekonomi, pola hidup dan cara melakukan bisnis secara signifikan. Pemanfaatan
internet dalam e-Business secara nyata dapat menekan biaya transaksi bisnis dan
memberikan kemudahan dalam melakukan diversifikasi kebutuhan. Pemanfaatan
internet dalam e-Government juga telah terbukti dapat meningkatkan kinerja
pemerintah didalam penyediaan informasi dan penyelenggaraan layanan kepemerintahan
kepada masyarakat dan kalangan bisnis. Pemanfaatan internet dalam e-Health,
e-Education, dan lain-lain secara nyata telah memberikan nilai tambah bagi
masyarakat. Pengaruh lebih jauh perkembangan telematika berimplikasi pada
transformasi pola ekonomi yang semula berorientasi pada “Supplier” kearah
“Konsumen”. Konsumen secara mudah dapat melakukan pencarian dan perbandingan
untuk mendapatkan produk berkualitas tinggi dan dengan harga kompetitif.
Perkembangan telematika juga mempengaruhi pola dan fungsi pemerintah, dari
semula bersifat memiliki, mengembangkan dan mengoperasikan industri, berubah
menjadi penentu kebijakan, pemberi regulasi, pemantau dan pendorong
perkembangan sektor industri.
1. E-goverment dihadirkan dengan maksud untuk
administrasi pemerintahan secara elektronik. Di Indonesia ini, sudah ada suatu
badan yang mengurusi tentang telematika, yaitu Tim Koordinasi Telematika
Indonesia (TKTI). TKTI mempunyai tugas mengkoordinasikan perencanaan dan
mempelopori program aksi dan inisiatif untuk menigkatkan perkembangan dan
pendayagunaan teknologi telematika di Indonesia, serta memfasilitasi dan
memantau pelaksanaannya. Tim tersebut memiliki beberapa target. Salah satu
targetnya adalah pelaksanaan pemerintahan online atau e-government dalam bentuk
situs / web internet. Dengan e-goverment, pemerintah dapat menjalankan
fungsinya melalui sarana internet yang tujuannya adalah memberi pelayanan
kepada publik secara transparan sekaligus lebih mudah, dan dapat diakses
(dibaca) oleh komputer dari mana saja. E-government juga di maksudkan untuk
peningkatan interaksi, tidak hanya antara pemerintah dan masyarakat, tetapi
juga antar sesam unsur pemerintahan dalam lingkup nasional, bahkan
internasional. Pemerintahan tingkat provinsi sampai kabupaten kota, telah memiliki
situs secara online. Contohnya adalah DPR, DKI Jakarta, dan Sudin Jaksel. Isi
informasi dalam e-goverment, antara lain adalah profil wilayah atau instansi,
data statistik, surat keputusan, dan bentuk interaktif lainnya.
2. Contoh telematika dapat kita temui dalam
kehidupan sehari-hari ,contoh yang paling mudah adalah ponsel/HP, ponsel
merupakan contoh yang paling sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari
,jaman sekarang ponsel tidak hanya dapat kita gunakan untuk menelpon seseorang
atau mengirim pesan singkat saja, tp ponsel juga bisa digunakan utuk
mendapatkan informasi melalui media internet.
3. Perkembangn Telematika Ragam bentuk yang
akan disajikan merupakan aplikasi yang sudah berkembang diberbagai sektor.
Semua kegiatan dengan istilah work and play dapat menggunakan telematika
sebagai penunjang kinerja usaha semua usaha dalam semua sektor, sosial, ekonomi
dan budaya. Bentuk- bentuk tersebut adalah E-learning : Globalisasi telah
menghasilkan pergeseran dalam dunia pendidikan, dari pendidikan tatap muka yang
konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Di indonesia sudah
berkembang pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (distance
learning) dengan media internet berbasis web atau situs.
4. Penggunaan teknologi pada E-government
seperti internet dapat menghubungkan antara satu wilayah dengan wilayah
lainnya,keperluan penduduk,bisnis dan kegiatan lainnya.Pada intinya telematika
pada pemerintahan dapat meningkatkan hubungan antara penduduk dengan
pemerintah.Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan
bentuk baru seperti:
- G2C (
Government to Citizen)
- G2B (
Government to Busisness)
- G2G (
Government to Government)
Manfaat
yang dapat dirasakan oleh penduduk salah satunya adalah pelayanan informasi
yang dibuka selama 24 jam.Salah satu contoh penerapan Telematika pada
E-Goverment di Indonesia adalah E-KTP yang saat ini sedang dilaksanakan di
berbagai wilayah di Indonesia,walaupun dalam pelaksanaannya mengalami berbagai
macam kendala namun itu merupakan peningkatan teknologi di Indonesia.
Gambar :
E-Government, E-Learning, E-Ktp
Tidak ada komentar:
Posting Komentar